• Posted by : Unknown 03 Maret 2014




    It's Not Bad being Introvert, So don't be Shy !
    disini saya akan membahas tentang apa yang Introvert bisa lakukan .

    introvert adalah kelompok minoritas dalam masyarakat, mereka membentuk sebuah mayoritas bagi orang-orang yang berbakat.” - Nicole Kidman
    Introvert adalah sebuah sifat dan karakter yang cenderung menyendiri. Mereka adalah pribadi yang tertutup dan mengesampingkan kehidupan sosial yang terlalu acak. Antonim dari sifat Introvert adalah Ekstrovert. Sifat Ekstrovert lebih membutuhkan sosial, cahaya, kebisingan, ruang lingkup yang luas dan sebagainya. Sedangkan Introvert lebih membutuhkan sebuah teh hangat dan berkumpul bersama beberapa teman dekat saja daripada pergi ke tempat yang penuh dengan orang asing. Introvert membenci basa-basi, oleh sebab itu mereka senang dengan perbincangan yang padat dan bersifat informatif... 
     Introvert personality adalah suatu karakter pribadi yang bersifat individu dan biasanya lebih pendiam dan tertutup, sedikit bicara dan lebih suka menjadi pendengar yang baik dalam suatu kelompok atau lebih suka menyendiri di rumah daripada harus berkumpul dengan orang lain, atau berjam-jam duduk di depan komputer.
    Tapi, tidak semua introvert bersikap seperti itu, tidak sedikit orang introvert yang suka berkelompok dan membicarakan sesuatu dengan temannya walaupun kebanyakan hanya suka membicarakan atau melakukan hal-hal yang dianggapnya bermanfaat atas berbagai alasan.
    yeah thats Introvert ! and Thats Me :v ..  udah lama pengen ngepost tentng Introvert tapi apa daya saya lupa ... *ngook 
    di tegaskan lagi , Introvert bukan Pemalu dan Bukan Anti Sosial ataupun Hikkikomori.., Introvert adalah seseorang yang lebih suka menyediri atau dalam Kelompok Kecil nya dan mereka lebih suka berada dalam tempat yang tenang jauh dari kebisingan.  We are not anti-social. We are anti-bullshit 


     

     introvert sangat peduli dengan perasaan orang lain. Kami tidak membutuhkan buanyak orang yang dianggap teman. Kami lebih suka dan menghargai sedikit orang yang dianggap benar-benar teman.
    Kami akan dengan senang hati menerima siapa saja dan akan gampang menganggap seseorang sebagai teman.  Jika anda sudah dianggap benar-benar teman oleh seorang introvert, maka anda akan mendapatkan satu orang yang akan menjadi sekutu setia anda seumur hidup. Sekali anda mendapatkan rasa hormat introvert, dia akan mengenang jasa anda kepadanya seumur hidup. 

     Namun, hal ini juga berlaku sebaliknya. Jika anda menyakitinya sekali, dia akan membuat firewall kuat dan anda akan kesulitan mendapatkan kepercayaan darinya. 

    Mereka bisa sangat menghargai atau dendam kepada anda dalam waktu yang saaaaangat lama.
    Hal negatif dari introvert. Jika kami merasa menyesal, kami akan menyesal dalam waktu yang sangat lama pula. Kami akan membutuhkan waktu yang lama untuk bisa move on. karena kami seorang pemikir ...
    thanks buat : http://muslimin888.blogspot.com/  :)


     Apa kalian merasa diri kalian introvert ?

    merasa malu menjadi seorang Introvert ?
    merasa terbelakang karna menjadi seorang Introvert ?
    merasa muak dengan apa yang dibicarakan orang tentang kita ?
    sudah capek di Anggap TIDAK PUNYA TEMAN? Hey dude ! Introvert Tidak butuh banyak Teman !
    sudah capek disuruh "berubah" ?
    sudah capek di anggap pilih pilih teman ? 
    sudah capek di anggap anak CUPU , ANEH , Ga Gaul  ?
    apa salahnya menjadi Introvert ?
    apakah seorang Introvert Harus Berubah ? apa tidak boleh mereka menjadi diri sendiri ?

    Melalu postingan ini ... saya sebagai seorang INTROVERT (bergaris keras) akan mengubah semua pandangan jelek kalian terhadap para Introvert di dunia ini .. , akan saya tunjukkan bahwa kedudukan Introvert sejajar dengan Ekstrovert .

    sebelumnya , terimakasih buat kak Mahdianto yang udah mau berbagi sama saya :) aaaa.. makasih kak.


            "Cukup dengan perkenalannya, ayo kita lihat apa yang Introvert bisa lakukan."



    1. Seorang pemimpin dan juru bicara yang baik
    Bercanda? nggak kok. Introvert adalah seorang pemimpin dari tukang omong yang berkompeten, "still water run deep" , orang yang diam biasanya banyak pikiran dan pengetahuan, mereka berfikir sebelum ngomong, mereka mempersiapkan rencananya, mereka mengamati kehidupan sosial, dan mengaplikasikannya kedalam pembicaraan. Ekstrovert dan introvert memiliki kemampuan dan kesempatan yang sama dalam mengambil kepemimpinan. Gak percaya? Bill gates dan mahatma gandhi adalah bukti nyata.
    apa kata Albert Einstein ? "Introvert Have a Beautiful Minds" ,  Pemikiran yang indah ... karena Introvert tidak banyak bicara tapi banyak Berfikir ...


    2. Sedikit sahabat vs Banyak kawan
    inilah yang membedakan introvert dengan anti sosial, introvert bukanlah seorang solo player. Introvert adalah seorang yang lebih senang dalam satu kelompok kecil, dan berpergian dengan orang yang itu-itu saja, mereka lebih suka mengukir memori yang dalam dan mencipatakan hubungan yang erat daripada menambah relasi. Motto mereka mungkin "Quality over Quantity". Hal ini tentu Berbeda dengan Ekstrovert yang memiliki banyak relasi dan likeable oleh banyak orang.
    sisi positinya.
    bukannya itu keren banget??
    menjelajah dunia bersama kelompok kecilmu
    menjelajah alam bersama teman terbaikmu
    terdengar seperti di film atau anime bukan?
    "Lalu buat apa kalian(para introvert) di dunia ini, selain menyendiri dan menutup diri, apakah tidak ada hal lain yang bisa kalian lakukan selain melakukan hal yang tidak berguna itu?"
    Jika ada yang bertanya seperti itu, lebih baik cepat menarik kata-katanya, kami (kaum minoritas) menyendiri bukan berarti kami tidak melakukan apa-apa, tetapi kami bekerja dengan cara seperti itu, kami menutup diri bukan berarti kami akan menutup diri pada semua orang, kami bisa berbicara panjang lebar dengan seorang "teman yang baik/sahabat", karena itu jika kalian mempunyai teman introvert dan dia menceritakan masalah pribadi nya pada anda, berbahagialah dia menganggap anda teman yang baik.



    3. Keep Calm
    siapa sih yang gak kenal tenangnya introvert? Diam - diam menghanyutkan...
    introvert yang terkenal pendiam, bahkan sering dijuluki orang yang selalu depresi, sebenarnya ini hanya karna mayoritas penduduk adalah ekstrovert, sementara ekstrovert terlihat seperti introvert saat dia depresi, sehingga mindset kebanyakan orang, banyak diam = tukang galau. | Guruku pun bilang kalau saya selalu murung -_- jarang berbicara dan sukanya diam . Hey... IM A THINKER NOT A TALKER !

    tapi sebenarnya nggak gitu, introvert bisa bersikap ekstrovert kalau mereka bersama teman dekat mereka, introvert bisa tetap tenang dalam kondisi se Ekstrim apapun, itu karna mereka selalu mendahulukan pikiran dulu baru bertindak, mereka dapat menenangkan diri mereka sendiri, jadi jangan heran kalau kamu memberitahu hal yang sangat gaswat dan mereka tidak menampilkan sedikitpun ekspresi panik.

    Introvert memang pendiam namun memiliki sosok yang luar biasa di dalam tubuhnya. [satria gumilang]

    4. Introvert adalah teman yang loyal
    pernah dengar curhatan dari seorang introvert? eh.. gak pernah? kasian deh..

    introvert orangnya tertutup dan penuh privasi jadi saat dia menceritakan tentang dirinya kepada kalian, itu berarti kamu adalah teman terbaiknya, the one who important to him, the one worth dying for, introvert punya sedikit sahabat tapi gak bakal ngelepas sahabatnya begitu aja, jadi jangan kuatir kalau mereka menusukmu dari belakang, karna hal ini hampir gak mungkin,mereka adalah orang yang dapat dan pantas dipercaya lebih dari siapapun yang ada di dunia ini

    mungkin pertamanya mereka dingin seperti es, mungkin pertamanya mereka tak tersentuh seperti berada dalam dinding raksasa, sebuah dinding yang memisahkan antara dunianya dengan duniamu, tapi gak ada yang sia sia di dunia ini, kamu akan dapat imbalanmu setelah menembus dinding tersebut.


    5. Introvert gak Kalah sama Ekstrovert
    sifat sifat ekstrovert terkadang begitu unik dan keren, ada ekstrovert yang lahir sebagai seorang "natural born leader", ada ekstrovert yang memiliki kemampuan "natural born advertisor", ada ekstrovert yang begitu baik dan selalu ingin menolong temannya berbeda dengan introvert yang kelihatannya sifatnya sama semua, pendiam, pemurung, jauh dan gak bisa bersenang-senang.
    wait ! 
    itu semua salah, introvert tau yang namanya kesenangan dan kebahagian, introvert juga memiliki sifat sifat yang gak kalah keren dengan ekstrovert, berikut 8 besar kepribadian introvert menurut MBTI

    ISTJ (the inspector)
    ISFJ (the protector)
    ISTP (the craftsman)
    ISFP (the composer)
    INFJ (the counselor)
    INFP (the healer)
    INTJ (the mastermind/the strategist)
    INTP (the philosopher/the thinker)


    Introverts bisa Sukses ? Ooooh Bisa sekali ! mau Bukti nyata ? oke .
    inilah beberapa daftar kecil orang orang Introvert yang Sukses dan di kenal oleh Dunia .. seluruh dunia. 

    1. Albert Einsten  *Introverts Have a Beautiful Minds , You Know?
    2. Bill Gates 
    3.Warren Buffet
    4. Marck Zuckerberg *Hey.. Facebook !
    5. Larry Page
    6. Mahatma Gandhi  *"Dengan cara yang lembut, Anda dapat menggoyahkan dunia."
    7. Courteney Cox
    8. Laura Bush
    9. Christina Aguilera
    10.  J. K. Rowling *Hey...Harry Potter ~
    11. Emma Watson  * "I hate Party" *
    12. Abraham Lincoln *"memerintah tanpa adanya superioritas."
    dan banyak lagi lainya... 


    Masih Minder menjadi seoarang Introverts ? oke .. saya akan membeberkan apa kelebihan sang introverts ! ... *eh tapi yang di atas itu termasuk kelebihan nya juga sih.. oke ini terusanya aja deh :v

    6. Introvert Banyak  Berfikir sedikit  Berbicara 
    Seorang Introvert lebih fokus kepada hal yang bersifat psikis daripada fisik. Mereka senang menjelajahi ruang pikirnya, mereka membaca buku, menonton tayangan yang dapat mengasah otak, karena mereka haus dengan segala hal yang berbau informasi. Majalah American Journal of Psychiatry menyatakan bahwa, ada lebih banyak darah yang mengalir di daerah Anterior pada otak bagian depan seorang Introvert. Bagian ini berfungsi sebagai pengolah inti, seperti merencakan sesuatu dan pemecahan masalah. Itulah sebabnya mengapa mereka memiliki kekuatan konsentrasi yang baik, mereka cepat menangkap dan berintelegensi tinggi. Introvert adalah pemikir yang dalam. Mereka mampu melihat suatu hal dari segi manapun, berbeda dengan seorang Ekstrovert yang cenderung berpikir secara momentum saja. Selain itu mereka pandai dalam memilah sesuatu, baik itu hal kecil maupun besar, hal yang berguna maupun tidak.
    Jika memang pemikiran Introvert sebaik itu, bagaimana dalam hal berbicara? Apakah mereka dapat  menyampaikan pesan secara detil seperti yang ada di pikirannya?


    Dalam sebuah survey di kolom web LiveScience.com, reporter Rachael Rettner menulis bahwa, apabila ada dua orang Ekstrovert dan Introvert yang dihadapkan dengan sebuah pertanyaan, maka Ekstrovert akan menjawab secara Hiperbola, sedangkan Introvert menjawab dengan Akurat. Apabila mereka melihat seekor ulat di atas makanannya, maka seorang Ekstrovert akan bereaksi melebih-lebihkan daripada seorang Introvert. Apabila dua orang Ekstrovert dan Introvert dihidangkan sebuah makan siang dalam waktu yang bersamaan, maka seorang Ekstrovert akan berkata, “Makanan ini enak sekali! Belum pernah saya merasakan yang seenak ini” lalu seorang Introvert akan menjawab, “Iya, enak.” Dari segi pemahaman dan informasi pendapat mereka berdua jelas berbeda. Itulah sebabnya mengapa kepribadian Ekstrovert dianggap sebagai perusak survey atau membuat sebuah survey menjadi tidak akurat. Karena Ekstrovert memberikan informasi secara berlebihan, sehingga pencatat survey lebih mempercayakan seorang Introvert dalam hal pendataan, ucap Donna McMillan seorang peneliti sekaligus ahli psikologi di St. Olaf College.

    Hebat bukan ?

    7. Introvert adalah Pendengar yang Baik
    Bahkan di dalam dunia kerja, seorang Introvert dapat bersikap tenang menghadapi segala tekanan dan permasalahan. Mungkin karena kebiasaan mereka yang menyendiri sehingga emosi mereka terlatih untuk tetap stabil. Selalu berpikir sebelum berbicara adalah suatu naluri lahiriah bagi mereka. Introvert akan berhati-hati saat menjelaskan pendapatnya, karena mereka tak suka dengan pertikaian yang tak ada hasil. Oleh sebab itu mereka cenderung menjadi pendengar yang baik. Namun, di balik itu semua, seorang Introvert yang sedang mendengar sangat pandai dalam menggabungkan fakta-fakta dan prinsip serta pemikiran orang lain, kemudian dijadikannya sebuah klausa sebab-akibat yang baik, lalu dikemas rapih dan terbentuklah sebuah tesis, sebuah jawaban yang dapat menjadi pemecah masalah bagi sebuah perdebatan yang terjadi. Bagi Introvert diam bukan berarti tak mengerti atau tak peduli, tetapi mereka menganalisa. Kedetilan mereka akan segala hal membuat Introvert menjadi pekerja yang baik.


    8. Sang Penguasa Dunia Seni 
    Di dunia seni, Introvert adalah penguasa. Ahli psikologi sekelas Mihaly Csikszentmihalyi dan Gregory Feist mengatakan bahwa, orang-orang Introvert adalah orang dengan kreatifitas berkelas nomor satu. Faktor ini terjadi karena mereka dapat menyelam penuh ke dalam pemikirannya. Membaur bersama intuisi dan ketenangan yang bersinergi dengan sunyi. Itulah syaratnya agar dapat menciptakan sebuah Adikarya. Biasanya seorang Introvert gemar menulis. Karena dalam menulis mereka dapat lebih terbuka dalam mempresentasikan pikiran ataupun membagikan pengalamannya kepada orang lain.



    Ada sebuah fakta menarik dalam sebuah artikel di psychologytoday.com, yang menuliskan bahwa, orang yang Ekstrovert lebih mencari kebahagiaan dan kehidupan yang positif. Tetapi, bukan berarti Introvert mempunyai sifat yang berkebalikan, seorang Introvert tidak pernah mengategorikan dirinya sebagai sesuatu yang positif ataupun negatif, ia lebih cenderung menuju netral dalam kehidupannya. Seimbang, seperti Yin dan Yang. Mereka sosok yang bersahaja. Sebagai contoh, Mahatma Gandhi , dia adalah Introvert, Ghandi bersikeras memperjuangkan perdamaian demi  kebersamaan. Ia menetralkan semua bentuk perbedaan.

     I am who I am. I like what I like. I love what I love. I do what I want. Get off my back and deal with it. It’s my life, not yours.

    apakah  Kalian masih Minder menjadi seorang Introvert dengan segudang bakat di dalamnya ? Ah itu sih terserah kalian .. jika kalian masih muak dan ingin berubah .. apakah bisa di ubah menjadi Ekstrovert ? Bisa ... !  tapi saya tidak tau caranya :v 

    Thanks udah baca :) jangan lupa tinggalkan Comentar .. Ok then ... Bye !

    { 22 komentar ... read them below or Comment }

    1. Hmm mungkin ada sebagian dalam diri ane, tapi ngak semuanya true.

      BalasHapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      BalasHapus
    3. jadi, introvert itu keren ? :v

      BalasHapus
      Balasan
      1. itu sih terserahmu mau bilang keren opo enggak :|

        Hapus
    4. good motivation for introveter..salute

      BalasHapus
    5. Ane jg introvert gan.tp knpa ya org kdang mndang ngatif org introvert mcm ane mlah diblang org yg sombong.pdahl ane ga sombong

      BalasHapus
    6. Yeah that me !!

      Kok mirip semua ? Tos dulu ( •w•)/\(^w^ )

      BalasHapus
    7. Masih bingung sebenernya aku ini into atau ekstro .-.
      Paling nggak suka hal yang berisik dan ngganggu.. kurang suka cuap cuap sembarangan.. tapi emang.. diam diam menghanyutkan.. ==' keliatannya diem, tapi kalo udah bener bener kenal nanti udah berisiknya minta ampun.. :v rajanya seni..?? i don't think so.. '-' but.. yea.. i'am thinker not talker.. :))

      BalasHapus
    8. Yeah...hampir mirip ma aku,hampir 6 tahun sahabatnya itu cuma 1...kemana mana pasti bareng, g suka banyak omong ma orang yg baru kenal, klo udah kenal jauh...bisa jadi orang yg cerewetnya minta ampun, tapi klo seni, ga tau juga, benci melukis atau menggambar tapi, suka nulis, so...sebenernya aku juga g tau aku ini seorang intovert atau ekstovert, yea...just be yourself :)

      BalasHapus
    9. Ane seorang introvert, dan ane kesulitan mendapat 1 org sahabat

      BalasHapus
    10. Ane seorang introvert, dan ane kesulitan mendapat 1 org sahabat

      BalasHapus
      Balasan
      1. cari dong, tapi awas kejebak rayuan org. tahu2 ntar mlh dpt sahabat yg salah lgi.

        Hapus
    11. Maaf sedikit telat... saya baru membacanya...
      Klo punya 2 sifat extrofert dan introfert itu kasusnya gmna...

      BalasHapus
    12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      BalasHapus
    13. Tergantung cara ngendaliinnya aja..

      BalasHapus
    14. wah, rata2 kelebihannya semua. tapi kalo diliat dari judul yah bolehlah buat motivasi org2. tapi inget, kita juga punya kelemahan. btw, gw INTP.

      BalasHapus
    15. 1 kelebihan introvert dari yg lainya lebih cerdas dari exstrovert

      BalasHapus

    Commentar Yang Baik kaaaay.(⌒▽⌒)Jangan buat rusuh (‾~‾“),Kalo Kalian Enggak Setuju dengan Yang saya Tulis, Marah yang bener ya (˘⌣˘) Jangan pake NYOLOT ( ⌣ ́_ ⌣ ̀) oKaai?

  • Copyright © 2013 - Hyperdimension Neptunia

    Otaku will Never Die - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan